Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke

Komunitas SB1M

Topik kita kali ini yakni Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke. Stroke hingga saat ini menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, bahkan menjadi penyumbang terbesar kematian dan kecacatan bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbat maupun pecahnya pembuluh darah dalam tubuh, imbas dari tekanan darah tinggi atau sering disebut hipertensi.

Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke

Pasukan Synergy

Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke

Untuk terhindar dari stroke caranya adalah agar kestabilan tekanan darah tetap terjaga kestabilannya. Hipertensi dapat didefinisikan sebagai tekanan darah persisten atau tekanan sistoliknya di atas 140 mmHg dan distoliknya di atas 90 mmHg. Dalam istilah kedokteran disebut suatu keadaan gangguan pada mekanisme pengaturan tekanan darah.

Tekanan darah sendiri didefinisikan sebagai tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh manusia. Jika tekanan darah terganggu berimbas pada kerja organ tubuh lainnya, seperti serangan jantung sampai stroke.

Bahkan, hingga kini tekanan darah tinggi atau hipertensi diperkirakan menjadi penyebab kematian sekitar 7,2 juta orang di seluruh dunia yaitu berkisar 13 persen dari total kematian. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang yang mengalami tekanan darah tinggi dianjurkan periksa ke dokter secara teratur.

Selain itu, perlu menurunkan berat badan, makan makanan rendah garam serta menghentikan konsumsi kopi, minuman keras serta merokok. Bahkan, penderita hipertensi juga perlu menghindari makanan olahan daging yang mengandung tinggi lemak, beristirahat dengan cukup, pola makan seimbang dan rajin berolahraga.

Pasukan Synergy

Stroke juga disebabkan oleh banyak faktor misalnya karakteristik, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, umur dan juga keturunan. Selain itu juga imbas dari obesitas, diet tidak sehat dan aktivitas fisik.

Gejala yang umum dari serangan stroke ditandai dengan mati rasa pada wajah, lengan atau tungkai. Selain itu, juga sulit berjalan, nggliyer (pusing sempoyongan) dan kesulitan bicara. Termasuk gangguan pandangan dan nyeri kepala tanpa sebab yang berlangsung berkepanjangan.

Stroke dapat dicegah dengan olahraga teratur, menata life style atau gaya hidup yang sehat dengan tidak merokok, istirahat cukup, menghindari stres serta memeriksakan diri secara berkala ke dokter untuk mengetahui faktor risikonya.

Demikian info tentang Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke semoga bermanfaat.

Referensi :

  • dr. Prijo Sudibjo MKes SpS, dokter spesialis penyakit saraf dari UPT Kesehatan UNY dan dr. Tutiek Rahayu MKes
  • Solusi Herbal Terpercaya

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.