Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke

Topik kita kali ini yakni Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke. Stroke hingga saat ini menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, bahkan menjadi penyumbang terbesar kematian dan kecacatan bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbat maupun pecahnya pembuluh darah dalam tubuh, imbas dari tekanan darah tinggi atau sering disebut hipertensi.

Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke

Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke

Untuk terhindar dari stroke caranya adalah agar kestabilan tekanan darah tetap terjaga kestabilannya. Hipertensi dapat didefinisikan sebagai tekanan darah persisten atau tekanan sistoliknya di atas 140 mmHg dan distoliknya di atas 90 mmHg. Dalam istilah kedokteran disebut suatu keadaan gangguan pada mekanisme pengaturan tekanan darah.

Tekanan darah sendiri didefinisikan sebagai tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh manusia. Jika tekanan darah terganggu berimbas pada kerja organ tubuh lainnya, seperti serangan jantung sampai stroke.

Bahkan, hingga kini tekanan darah tinggi atau hipertensi diperkirakan menjadi penyebab kematian sekitar 7,2 juta orang di seluruh dunia yaitu berkisar 13 persen dari total kematian. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang yang mengalami tekanan darah tinggi dianjurkan periksa ke dokter secara teratur.

Selain itu, perlu menurunkan berat badan, makan makanan rendah garam serta menghentikan konsumsi kopi, minuman keras serta merokok. Bahkan, penderita hipertensi juga perlu menghindari makanan olahan daging yang mengandung tinggi lemak, beristirahat dengan cukup, pola makan seimbang dan rajin berolahraga.

Stroke juga disebabkan oleh banyak faktor misalnya karakteristik, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, umur dan juga keturunan. Selain itu juga imbas dari obesitas, diet tidak sehat dan aktivitas fisik.

Gejala yang umum dari serangan stroke ditandai dengan mati rasa pada wajah, lengan atau tungkai. Selain itu, juga sulit berjalan, nggliyer (pusing sempoyongan) dan kesulitan bicara. Termasuk gangguan pandangan dan nyeri kepala tanpa sebab yang berlangsung berkepanjangan.

Stroke dapat dicegah dengan olahraga teratur, menata life style atau gaya hidup yang sehat dengan tidak merokok, istirahat cukup, menghindari stres serta memeriksakan diri secara berkala ke dokter untuk mengetahui faktor risikonya.

Demikian info tentang Kelola Tekanan Darah Hindarkan Stroke semoga bermanfaat.

Referensi :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi