Kenali Dulu Penyebab Jantung Koroner dan Stroke Agar Bisa Menghindar

Topik kita kali ini adalah Kenali Dulu Penyebab Jantung Koroner dan Stroke Agar Bisa Menghindar. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia dan 90% kematian mendadak di AS. Di Indonesia penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian ketiga. Jenis penyakit jantung koroner menjadi penyebab 80% kematian jantung mendadak.

Kenali Dulu Penyebab Jantung Koroner dan Stroke Agar Bisa Menghindar

Kenali Dulu Penyebab Jantung Koroner dan Stroke Agar Bisa Menghindar

Penyakit jantung koroner adalah suatu keadaan penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah yang memberi makan otot jantung (pembuluh koroner) karena endapan lemak dan kolesterol yang secara bertahap menumpuk di dinding arteri. Proses penumpukan itu disebut ateros klorosis dan bisa terjadi di pembuluh arteri lainnya, tidak hanya pada arteri koroner. Penyumbatan atau penyempitan ini dapat menghentikan aliran darah ke otot jantung yang sering ditandai dengan rasa nyeri. Dalam kondisi lebih parah, kemampuan jantung memompa darah dapat hilang. Hal ini akan merusak sistem golongan irama jantung dan berakibat kematian.

Salah satu penyebab penyakit jantung koroner adalah kebiasaan makan-makanan berlemak tinggi terutama lemak jenuh. Penumpukan lemak jenuh tersebut dapat menyebabkan (aterosklerosis) atau penebalan pada pembuluh nadi koroner (arterikoronaria). Kondisi ini menyebabkan kelenturan pembuluh nadi menjadi berkurang. Serangan jantung koroner akan lebih mudah terjadi ketika pembuluh nadi mengalami penyumbatan, saat itu pula darah yang membawa oksigen ke jaringan dinding jantung pun berhenti.

Penyakit jantung koroner sering ditandai dengan rasa tidak nyaman atau sesak di dada, gejala ini hanya dirasakan oleh sepertiga penderita. Rasa nyeri terasa pada dada bagian tengah, lalu menyebar ke leher, dagu dan tangan. Rasa nyeri muncul karena jantung kekurangan darah dan suplai oksigen. Gejala ini menyertai jantung koroner akibat penyempitan pembuluh nadi jantung yakni rasa tercekik. Gejala lain yang timbul adalah sesak napas, merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru.

Penyakit Stroke

Stroke adalah adanya tanda-tanda klinik yang berkembang cepat akibat gangguan fungsi otak fokal dengan gejala-gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih, yang menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vaskuler.

Penyebab stroke antara lain thrombosis (bekuan cairan di dalam pembuluh darah otak), embolisme cerebal (bekuan darah atau material lain), iskemia (penurunan aliran darah ke area otak). Selain itu ada faktor yang mempengaruhi terjadinya stroke. Faktor ini kita kenal dengan faktor yang dapat terkontrol dan yang tidak terkontrol. Faktor yang dapat dikontrol antara lain gaya hidup (seperti konsumsi alkohol, merokok, konsumsi obat-obatan, makan-makanan tinggi kolesterol, manajemen emosi dll). Sedangkan faktor yang tidak dapat dikontrol adalah umur (untuk umur lebih dari 55 tahun beresiko stroke 2 kali lipat dari yang lebih muda), ras (kulit berwarna memiliki 1,4 kali untuk terjadi stroke), jenis kelamin (laki-laki lebih banyak terkena stroke lebih besar daripada wanita dengan perbandingan 1,3 : 1), riwayat keluarga (dengan memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami stroke maka anggota keluarga yang lain memiliki risiko mengalami juga).

Penyakit jantung koroner dan stroke termasuk dalam penyakit yang perlu penanganan khusus. Karena jika penyakit jantung koroner ini dibiarkan akan terjadi infark yang bisa menyebabkan gagal jantung. Gejala-gejala gagal jantung antara lain napas terengah-engah, sering batuk terutama ketika berbaring, pembengkakan perut, kaki dan telapak kaki, keletihan atau kurang energi, kepala terasa pening atau pusing, naik berat badan akibat penahanan cairan dan sebagainya.

Untuk mencegah terjadinya stroke yang berulang dan mencegah timbulnya plak-plak penyebab jantung koroner kembali, dapat dilakukan terapi khelasi. Terapi khelasi adalah pengobatan secara intravena dengan menggunakan cairan yang terdiri dari mineral-mineral, vitamin-vitamin dan asam amino khusus buatan.

Demikian info sehat tentang Kenali Dulu Penyebab Jantung Koroner dan Stroke Agar Bisa Menghindar semoga bermanfaat.

Referensi :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi