Khasiat Bayam untuk Kesehatan Anda

Di postingan ini kami akan jelaskan terkait dengan Khasiat Bayam untuk Kesehatan Anda. Bayam bernama latin Amaranthus spp. Biasanya tumbuhan ini ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropic, namun sekarang tersebar di ke seluruh dunia dan dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Khasiat Bayam untuk Kesehatan

Bayam

Tumbuhan bayam menyukai iklim hangat dan tahan terhadap pencahayaan langsung. Batangnya berair, daunnya bertangkai berbentuk bulat dan berwarna hijau. Bunganya majemuk, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul diujung tangkai dan ketiak percabangan. Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras.

Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur, yaitu bayam petik dan bayam cabut. Ada juga bayam berduri. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar hingga 2 meter. Daun bayam biasanya dimasak menjadi sayur bayam untuk melengkapi sajian pecel, gado-gado, urap atau digoreng dijadikan keripik bayam setelah dibalur tepung.

Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lainnya. Besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis, sehingga berguna bagi penderita anemia. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya atau bayam biji sebagai sumber karbohidrat.

Khasiat Bayam untuk Kesehatan Anda

Pemanfaatan bayam untuk obat bisa dengan cara langsung dikonsumsi maupun dibuat minuman. Misalnya, sediakan daun bayam segar, lalu rebus dan dimakan langsung. Selain direbus, bayam dapat dibuat jus untuk diminum. Untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus, lalu ditempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.

Beberapa khasiat bayam untuk kesehatan terangkum seperti di bawah

Meningkatkan kinerja ginjal dan membersihkan darah sehabis bersalin

Sediakan daun bayam yang masih segar. Lalu dicuci bersih dengan air dan dibuat sebagai sayur. Bayam dapat dikonsumsi dalam bentuk sayur bening.

Kurang darah

Cuci 3 genggam daun bayam segar, tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, lalu saring. Tambahkan pula 1 sendok makan madu dan sebutir kuning telur ayam kampong, aduk sampai rata, lalu ramuan diminum.

Disentri

Cuci 10 batang akar bayam, dicuci sampai bersih, ditumbuk sampai halus, tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rat, beri air kemudian disaring. Untuk pengobatan, diminum airnya sekaligus.

Memperkuat akar rambut

Cuci daun dan batang bayam segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata. Selanjutnya, peras dan saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Catatan:

Bagi penderita kadar asam urat cukup tinggi dan rematik dilarang mengonsumsi bayam terlalu banyak. Hal ini dikarenakan bayam mengandung purin cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisir menjadi asam urat. Karena itu, khusus bagi penderita asam urat tinggi pantang makan bayam.

Demikian info sehat dan cantik tentang Khasiat Bayam untuk Kesehatan Anda semoga bermanfaat.

Referensi :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi