Khasiat Tanaman Singkong Menurut Beberapa Literatur

Komunitas SB1M

Khasiat tanaman singkong menurut beberapa literatur dan para ahli sangat banyak. Singkong memiliki ciri batang lunak, getas atau mudah patah. Singkong mempunyai sebutan berbeda di tiap daerah misalnya ubi kayu, ketela pohon, tela pohung (Jawa), ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela balada (Madura), lame kayu (Makassar) dan pangala (Papua). Tanaman singkong sangat mudah tumbuh dan banyak ditanam di pekarangan, tanggul ataupun sawah. Perbanyakan tanaman ubi kayu sangat mudah dapat dilakukan dengan steak dari singkong tua.

Pasukan Synergy

Khasiat Tanaman Singkong

Khasiat Tanaman Singkong Menurut Beberapa Literatur

Umbi singkong mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang dan zat besi. Kulit batang singkong mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida dan kalsium oksalat.

Beberapa khasiat dan penyakit yang bisa disembuhkan dengan singkong antara lain :

Meningkatkan Stamina

Sediakan 100 gram daun singkong segar, 25 gram kencur dan 5 butir angco yang telah dibuang bijinya. Lalu semua bahan diblender dengan menambahkan air secukupnya. Kemudian tambahkan madu dan diminum.

Mengatasi Rematik
  1. Sediakan sebanyak lima lembar daun singkong muda, 15 gram jahe merah, daun kapur sirih secukupnya. Lalu semua bahan dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Cara menggunakan, ramuan diaduk dan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
  2. Sediakan 100 gram bang singkong, satu batang sereh dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu ramuan disaring. Cara menggunakan ramuan ini yaitu minum air rebusan sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari secara teratur.
Mengatasi Sakit Kepala

Ambil daun singkong muda yang masih segar secukupnya dan dicuci bersih. Kemudian daun singkong tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan, tumbukan daun singkong digunakan untuk kompres. Lakukan secara rutin.

Sebagai Obat Demam

Sediakan 60 gram batang pohon singkong, 30 gram jail yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air mendidih hingga tersisa 400 cc, ramuan kemudian disaring. Cara menggunakan ramuan ini yaitu diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari.

Obat Diare

Sediakan 7 lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air mendidih hingga tersisa 400 cc, lalu disaring. Cara menggunakan rebusan ini yaitu diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari secara rutin.

Obat Cacingan

Ambil 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng China direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Mengatasi Beri-beri

Sediakan 200 gram daun singkong yang masih muda. Kemudian daun singkong direbus dalam air mendidih. Cara menggunakan, daun singkong dimakan sebagai lalap. Lakukan secara rutin.

Luka Bernanah

Ambil batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.

Pasukan Synergy
Luka Terbakar

Obat luka karena terkena benda panas. Caranya, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap. Cara menggunakan sari pati dioleskan pada bagian yang luka.

Demikian info tentangĀ Khasiat Tanaman Singkong Menurut Beberapa Literatur semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.