Manfaat Kopi bagi Tubuh dan Otak

Manfaat Kopi bagi Tubuh dan Otak – Dahulu kopi merupakan minuman yang tidak disarankan oleh dokter karena adanya kandungan kafein yang tidak baik bagi kesehatan. Saat ini argumen tersebut terbantahkan dengan banyaknya penelitian terbaru mengenai minuman ini. Pasalnya kopi sangat bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan kinerja otak manusia. Peneliti asal Universitas Barcelona membuktikannya dalam penelitian yang mereka lakukan.

Mereka melakukan percobaan untuk mengetahui efek dari kopi atau kafein dalam meningkatkan kerja otak manusia. Percobaan yang dilakukan cukup menarik perhatian dunia, mereka menguji 40 orang dengan variasi kopi hitam memakai gula, kopi hitam tanpa gula, gula saja dan air saja. Hasilnya sesuai dengan hipotesa mereka bahwa kopi meningkatkan kinerja otak manusia.

Diutarakan bahwa kopi bekerja lebih bermanfaat saat ditambahkan dengan gula karena akan saling bekerja sama dalam efisiensi kerja otak. Kopi yang tidak memakai gula juga memiliki dampak sama tetapi tidak seefektif kopi dengan gula dan hal ini bisa diakali dengan meminum kopi ditambah dengan makanan ringan yang manis. Penelitian tentang manfaat kopi bagi daya kerja otak dan tingkat konsentrasi telah diterbitkan dalam bentuk jurnal.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh peneliti yang berbeda telah mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain membantu kinerja otak dan meningkatkan konsentrasi, meminum kopi juga dapat berguna bagi kesehatan tubuh yaitu:

  1. Kopi bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker. Salah satu kandungan kopi yakni antioksidan efektif mengusir sel-sel penyebab kanker yang berasal dari radikal bebas dengan ketentuan 200mg hingga 300mg kafein per hari dan itu sudah cukup melindungi tubuh dari radikal bebas.
  2. Kopi juga bermanfaat sebagai pelindung hati. Peneliti telah menunjukkan bahwa orang yang bukan peminum kopi 3 kali lebih memungkinkan terkena karsinoma hepatoseluler yaitu sejenis kanker hati, daripada mereka yang sering meminum kopi.
  3. Mengurangi resiko terkena diabetes tipe II.

Penelitian yang telah dilakukan di Universitas Harvard membuktikan bahwa orang yang sering meminum kopi dari satu sampai tiga cangkir kopi berkafein tiap harinya, hanya berpeluang 10% terkena diabetes tipe II dan mereka yang meminum kopi sebanyak enam cangkir sehari berpotensi menderita penyakit ini sebanyak 30% hingga 50%.

Pasukan Synergy

Meminum kopi juga bermanfaat untuk mengurangi ketegangan tubuh dan meningkatkan stamina. Saat ini penelitian-penelitian terkait kopi terus dilakukan, baik dari segi pencarian manfaat atau pengembangan kopi itu sendiri agar bisa dikonsumsi oleh berbagai orang. Walaupun demikian, mengkonsumsi kopi juga mempunyai batasan yang perlu diketahui. Dalam meminum kopi janganlah mencampurkan dengan gula dalam takaran yang banyak hanya secukupya saja pakailah gula yang rendah kalori.

Pasukan Synergy

Apabila sedang menderita maag maka tidak disarankan meminum kopi hitam, cukup dengan meminum kopi ringan yang memiliki dominan kandungan susu. Terakhir yang perlu diingat adalah dalam sehari jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman ini, cukup dua hingga tiga cangkir saja. Walaupun kafein memiliki manfaat-manfaat yang baik bagi tubuh dan otak tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak hal ini juga tidak baik bahkan bisa menimbulkan penyakit bagi tubuh.

Demikian info tentang Manfaat Kopi bagi Tubuh dan Otak semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Smart Detox
Jual Smart Detox di Rongkop Resmi dan Terpercaya
Jual Smart Detox di Serangpanjang Resmi dan Terpercaya
Jual Smart Detox di Jiput Resmi dan Terpercaya

Nabati

Madu Ramuan Herbal Tanaman Herbal Teh

Olahraga

Senam Hamil Yoga

Pikiran Sehat

Smart Eating

Pintar Makan Sehat Pintar Minum Sehat Pintar Olah Bahan Makanan
Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman
Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman
Penyebab dan Cara Mengatasi Abrasi Gigi
Penyebab dan Cara Mengatasi Abrasi Gigi
Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata
Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata
manfaat pohon dan daun salam untuk obat alami
Manfaat Pohon dan Daun Salam Untuk Obat Alami

Gizi Anak

Kelainan Anak

Kelainan Fisik Kelainan Mental

Pengobatan Anak

Pengobatan Penyakit Ringan

Penyakit Anak

Kanker Anak
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
program diet rendah purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
gejala anemia yang sering terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis