Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat

Komunitas SB1M

Topik kita sekarang yakni menjaga kesehatan tubuh dengan cepat dan tepat. Gaya hidup modern saat ini yang serba instan dan praktis bikin orang malas menjalankan gaya hidup sehat. Perubahan gaya hidup ini menyebabkan pola makan yang menjurus ke produk makanan siap saji yang tak sehat dan tak seimbang. Karena mengandung kalori, lemak, protein dan garam tinggi namun rendah serat pangan (dietary fiber).

Dan juga pola makan tersebut membawa konsekuensi pada kejadian perubahan status gizi menuju gizi lebih dan kegemukan (obesitas). Selain itu akan berkembang penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes mellitus, kanker, dan hipertensi. Meski harga makanan cepat saji relatif tinggi, namun tak menyurutkan minat para pembeli untuk menikmatinya. Kandungan nutrisi di dalam makanan itu pun tak lagi dipertimbangkan dengan baik.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat

Agar selalu sehat, masyarakat butuh dua hal yaitu pemerintah yang bijak dan tertib berpola hidup sehat. Untuk memahami pola hidup sehat, orang tidak perlu menjadi dokter. Wawasan sehat dapat diperoleh dari membaca, mendengar, dan melihat. Setelah itu menjalankannya dengan baik informasi yang sudah kita peroleh agar pola hidup sehat dapat tercapai. Ingat, kesehatan juga membutuhkan investasi, bukan sekadar uang dan barang.

Penyakit digolongkan dalam dua kelompok. Pertama yang bisa dicegah dan sebetulnya tak perlu terjadi, dan kedua adalah kelompok penyakit yang harus diterima saja (kelainan gen, cacat bawaan), tetapi bisa dijinakkan. Tubuh seseorang bisa menghadapi keduanya sekaligus.

Semua penyakit yang bisa dicegah sesungguhnya tidak perlu terjadi jika kita mau berusaha untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Separuh lebih penyakit yang muncul sehari-hari merupakan jenis penyakit yang sesungguhnya tidak perlu terjadi. Hanya saja karena kita kurang memahami bagaimana menjaga kesehatan tubuh, termasuk memahami nutrisi, mencegah infeksi, dan membiarkan lingkungan merusak tubuh, yang tak perlu terjadi itu ternyata merongrong kita.

Hidup Sehat dengan Nutrisi

Nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan sudah tentu semua orang mengerti fungsi serta apa yang harus dilakukan. Akan tetapi berapa banyak orang yang benar-benar memperhatikan keseimbangan asupan nutrisinya. Let food be your medicine and medicine be your food (biarkan makanan menjadi obat Anda dan obat menjadi makanan Anda). Kata-kata tersebut merupakan kata-kata dari Hippocrates yang sangat terkenal. Kalimat ini diucapkan 400 tahun sebelum Masehi dan itu bukanlah waktu yang pendek.

Pentingnya asupan nutrisi ini makin kita sadari. Yaitu ketika kita tahu bahwa sebagian besar pembunuh utama manusia adalah penyakit yang berhubungan dengan makanan. Yaitu penyakit yang berhubungan dengan makanan yang dimakan mulai dari penyakit jantung, stroke, kencing manis, kanker dan masih banyak lagi.

Tentu saja hal itu bukan disebabkan karena nutrisi semata. Banyak faktor lain yang ikut berperan dalam munculnya berbagai penyakit. Walaupun demikian, hendaknya kita tak lupa untuk menempatkan nutrisi sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat. Hal lain yang tidak boleh dilupakan dalam menjaga kesehatan tubuh yaitu :

  • olahraga teratur,
  • hindari stres,
  • jangan merokok, dan
  • hindari alkohol.

Faktor keturunan memang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, hal itu bukanlah harga mati. Banyak orang yang mempunyai gen terhadap suatu penyakit tertentu, akan tetapi tidak bermanifestasi karena gaya hidup yang baik. Orang tua Anda menderita penyakit jantung dan Anda punya gen yang mempermudah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah.

Jangan sedih mengetahui hal tersebut, sebab Anda justru bisa mempersiapkan diri supaya proses penyakit bisa tertahan. Persiapan menjaga kesehatan tubuh tersebut yaitu dengan

  • menghindari konsumsi lemak jenuh secara berlebih,
  • perbanyak asupan gizi nabati,
  • olah raga secara teratur,
  • hindari rokok dan alkohol.

Banyak penyakit dapat dicegah prosesnya dengan gaya hidup yang baik. Dan jadikan nutrisi yang seimbang serta sesuai dengan kebutuhan menjadi bagian penting dari gaya hidup tersebut.

Nutrisi Seimbang

Setiap orang, mulai dari bayi yang baru lahir hingga mereka yang sudah lanjut usia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Pria dan wanita dalam menjaga kesehatan tubuh memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Bahkan antara wanita remaja, wanita dewasa, wanita hamil dan ibu menyusui pun kebutuhan nutrisinya berbeda. Jadi, apa yang jadi dasar pemilihan nutrisi yang dikonsumsi?

Kunci pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik yakni keseimbangan dan kesesuaian asupan dengan kebutuhan individual tiap orang. Tubuh memerlukan keseimbangan karbohidrat, lemak dan protein. Ketiga komponen tersebut adalah komponen dasar dari nutrisi.

Selain ketiga komponen tersebut, tubuh pun membutuhkan asupan vitamin, mineral dan berbagai komponen nutrisi lainnya. Asupan ini tentu saja tidak bisa diperoleh cuma dari satu sumber saja. Karena itu, variasi dalam makanan yang dikonsumsi sangat berperan penting. Jangan tanyakan makanan apa yang terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab tak ada satu jenis makanan pun (dalam bentuk tunggal) yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi secara baik dan seimbang.

Pasukan Synergy

Di samping kualitas, kita pun tidak boleh melupakan masalah kuantitas. Makanan yang mempunyai kandungan nutrisi baik namun dikonsumsi secara berlebihan tiap harinya bisa membawa akibat jelek. Sebaliknya, makanan yang bermutu tinggi namun hanya dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit (tidak adekuat), hasilnya juga tidak bisa diharapkan. Karena itu, mari jaga keseimbangan asupan nutrisi baik secara kualitas maupun kuantitas agar kesehatan tetap terjaga.

Hidup Sehat itu Enak

Setiap orang pasti menginginkan umur panjang. Berbagai cara menjaga kesehatan tubuh agar mendapat umur panjang yang biasa dilakukan mulai dari

  • meminum ramuan obat-obatan,
  • mandi di kolam yang dianggap keramat,
  • menghindari stres,
  • pola makan,
  • olah raga teratur,
  • dan masih banyak lainnya.

Penelitian untuk mencari faktor usia panjang juga sudah sering dilakukan. Para ilmuwan menemukan 2 mutasi dalam gen-gen yang berpengaruh pada sensitivitas terhadap faktor pertumbuhan. Penelitian terbaru yang dilakukan sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat bahkan mengklaim telah menemukan sebuah gen yang mungkin dapat membuat manusia hidup lebih lama.

Para ilmuwan di Institut Penelitian Usia Lanjut di New York mempelajari kerangka genetika sekelompok orang Yahudi. Objek penelitian ini yaitu orang yang berusia 100 tahun ke atas dan juga anak-anak mereka sejak kecil hingga tua. Berdasarkan studi yang dilakukan tersebut, ditemukan bahwa kaum wanita dalam kelompok ini memiliki sebuah gen yang berdampak pada hormon pertumbuhan. Para ilmuwan berpendapat, dengan membatasi hormon tersebut mungkin bisa bikin manusia hidup lebih lama dan bisa menjaga kesehatan tubuh.

Pada dasarnya penelitian di atas menemukan pengaruh dari sebuah hormon yang dinamakan faktor pertumbuhan sejenis insulin terhadap panjangnya usia. Dan, melalui sejumlah eksperimen ditemukan bahwa dengan merekayasa gen-gen yang memproduksi zat tersebut, maka mereka dapat memperpanjang usia secara signifikan. Eksperimen tersebut dilakukan atas ragi, cacing, lalat, dan tikus,

Para ilmuwan juga menemukan 2 mutasi dalam gen-gen yang berpengaruh pada sensitivitas terhadap ‘faktor pertumbuhan sejenis insulin’. Ini disimpulkan setelah melalui penelitian terhadap sekelompok manusia lanjut usia yang berusia 100 tahun ke atas. Sekelompok manusia tersebut berasal dari etnik Yahudi Ashkenazi dan anak-anak mereka, yang tentunya kini sudah memasuki manula juga.

Harmon itu mendorong proses pertumbuhan badan serta kedewasaan. Para ilmuwan menyatakan bahwa rekayasa hormon tersebut tampaknya bisa memperlambat terjadinya proses penuaan. Tetapi, konsekuensi lain dari rekayasa hormon itu adalah perawakan tubuh yang lebih pendek. Para manula dalam penelitian tersebut rata-rata lebih rendah 2,5 cm dibandingkan masyarakat pada umumnya.

Hidup Sehat itu Nyaman dan Umur Panjang

Susunan gen yang menyebabkan seseorang awet muda beberapa tahun terakhir ini memang terus diteliti oleh para ahli. Hasil riset yang dipublikasikan juga menyatakan ada gen yang dapat mengontrol proses penuaan dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, bagaimanapun juga temuan gen yang mungkin bisa mengatur panjang usia ini bukan berarti merupakan kabar baik untuk kaum laki-laki. Karena semua pembawa mutasi genetika yang ditemukan dalam penelitian sejauh ini adalah milik perempuan.

Fenomena ini sebenarnya bukan hal baru. Sudah jadi rahasia umum, bahwa perempuan hidup lebih lama daripada laki-laki. Di Okinawa (Jepang), 86% penduduk yang berumur di atas 100 tahun adalah perempuan.

Menurut para ahli, perempuan mungkin punya gen umur panjang yang hingga kini belum diketahui. Namun, faktor lain yang terpenting adalah gaya hidup. Seperti yang telah dikatakan Craig Willcox, salah satu ilmuwan yang menulis buku The Okinawa Program. Untuk mencapai 100% umur panjang diperlukan peran gen. Namun untuk mencapai 90% umur panjang tidak sulit bila seseorang menjalankan pola hidup sehat.

Faktor kunci lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu ‘kekuatan dari dalam’ yang didapat dari olah mental dan fisik. Di masyarakat Okinawa, para orang tua masih bekerja dengan penuh semangat. Serta jadi tempat anggota masyarakat yang lebih muda buat minta nasihat. Penghormatan sebagai orang yang dituakan merupakan faktor penting dalam pembangunan kekuatan batin dan berperan untuk memperpanjang umur.

Rahasia Umur Panjang

Meski bertubuh pendek, orang Jepang memiliki umur yang panjang. Di sebuah propinsi di utara Tokyo dengan nama Okinawa ini merupakan surga manusia lanjut usia. Dimana banyak penduduk berusia 140 tahun. Bahkan, ada yang sampai 160 tahun. Jepang adalah sebuah fenomena. Satu dasawarsa sebelum Perang Dunia II, usia harapan hidup (UHH) orang Jepang cuma 45 tahun. Akan tetapi saat ini, rata-rata penduduk Jepang meninggal pada usia 82,4 tahun – UHH tertinggi di dunia. Mengenai soal UHH, Jepang melampaui semua negara Barat.

Sukses orang-orang Jepang yaitu sebuah pesan yang tegas, siapapun berpeluang meningkatkan usia harapan hidupnya. Umur panjang bisa ‘direkayasa’, caranya yakni dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup berpengaruh sekitar 64 persen terhadap umur manusia. Selebihnya adalah faktor penyakit, lingkungan dan genetika.

Pola makan unik yang dilakoni penduduk Okinawa adalah warga di sana tidak mengenal gorengan. Semua masakan dimasak dengan cara direbus, dikukus, dan/atau dibakar. Rahasia menjaga kesehatan tubuh dan umur panjang penduduk Okinawa Jepang yaitu pola makan bebas lemak.

Penduduk Okinawa sangat menyukai sayuran dan umbi-umbian yang diambil dari tanaman sayuran yang mereka tanam di depan rumah. Sayuran-sayuran ini tanpa menggunakan pestisida. Adapun sumber makanan utama ialah ubi merah, tanaman lokal yang tumbuh subur di daerah tersebut. Sebagai menu tambahan bagi para penduduk Okinawa yaitu menyantap ikan laut, rumput laut, dan buah paria. Selain itu, di Okinawa juga tidak ada junk food dan tidak ada produk makanan olahan dalam kaleng.

Soal pola makan, tidak diragukan lagi jika penduduk Okinawa sangat pintar merawat lambung. 14 abad lalu Nabi Muhammad SAW mengajarkan ‘berhentilah makan sebelum kenyang’. Dan warga Okinawa memiliki filosofi yang kurang lebih serupa yaitu makan cuma 8/10 kenyang. Ini satu lagi resep dari rahasia umur panjang para lansia Okinawa.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, lambung manusia terdiri atas 1/3 ruang udara, 1/3 ruang air, dan 1/3 ruang makanan. Jika jumlah makanan melabrak ruang-ruang lainnya, maka itu sama saja mengajak lambung bekerja lebih keras.

Pola makan yang sehat bukanlah segala-galanya. Rahasia umur panjang ternyata tidak Cuma terletak di lambung, tetapi juga di dada. Perlu gaya hidup dan sikap mental positif supaya kita panjang usia. Salah satu sikap positif yang wajib dimiliki ialah ikhlas. Berserah diri pada Tuhan YME, bersyukur bila mendapatkan yang diinginkan, bersabar kalau tidak memperoleh yang diimpikan. Inilah obat paling mujarab untuk melawan stres.

Fungsi Imunitas Tubuh

Sistem imun adalah sistem pertahanan alami tubuh dan menjaga kesehatan tubuh yang terdiri atas rangkaian rumit. Dimana rangkain rumit ini terdiri atas sel, jaringan, serta organ-organ yang menyatu satu sama lain. Rangkaian ini berguna untuk menghalau subtansi asing masuk dalam tubuh. Substansi asing ini seperti bakteri, virus, parasit, jamur, dll.

Substansi asing berada di mana-mana seperti di sekolah, di rumah, di kantor, dan tempat-tempat lainnya yang berpotensi menimbulkan munculnya penyakit. Sistem imun yang sehat akan menjaga tubuh. Membangun hambatan yang akan menghentikan substansi asing ini memasuki tubuh agar bisa menjaga kesehatan tubuh.

Pasukan Synergy
  1. Jika substansi asing melewati hambatan, maka tubuh akan memproduksi zat yang akan menyerang dan menghancurkan substansi asing tersebut sebelum bereproduksi. Zat yang diproduksi tersebut berupa sel-sel darah putih, berbagai zat kimia, dan protein lainnya.
  2. Jika cara tersebut gagal, sistem imunitas akan memproduksi semakin banyak zat penyerang untuk menghancurkan substansi asing yang telah bereproduksi.
Sistem Imunitas

Sistem imunitas bisa mengenai berbagai macam subtansi asing berbeda. Sistem imunitas bisa mempoduksi zat yang dibutuhkan untuk menyerang hampir semua jenis substansi asing. Dalam menjaga kesehatan tubuh, sistem imunitas terus bekerja sepanjang tahun karena mesti terus-menerus memberikan pertahanan terhadap segala macam substansi asing.

Substansi asing bisa dari dalam dan juga dari luar. Untuk substansi asing yang dari dalam seperti racun yang mengendap. Sedangkan substansi asing dari luar tubuh seperti :

  • udara,
  • makanan yang berasal dari sumber yang sudah tercemar,
  • bahan pengawet makanan,
  • bahan pewarna,
  • bahan perasa buatan,
  • hewan ternak,
  • tumbuhan yang berkembang biak dengan memakai pupuk dan bahan kimia lainnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas dalam menjaga kesehatan tubuh, di antaranya :

  1. Usia, dimana makin muda usia seseorang maka fungsi sistem imunitasnya belum sempurna.
  2. Kematangan saluran cerna.
  3. Lingkungan yang tidak bersih.
  4. Infeksi.
  5. Status gizi.
  6. Penyakit kronis yang sedang dan/atau yang pernah diderita, seperti jantung, kanker, kelainan darah, dll.
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Hindari pemakaian antibiotik secara berlebihan dan tidak rasional. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit dalam jangka lebih lama. Dan juga sulit untuk diatasi karena kuman sudah kebal.
  2. Tidur yang cukup, karena kurang tidur bisa berakibat buruk bagi daya tahan tubuh. Biasakan untuk tidur malam 7 sampai 8 jam setiap harinya.
  3. Hindari alkohol, rokok, dan narkoba.
  4. Hindari berdekatan dengan perokok (menjadi perokok pasif).
  5. Mengkonsumsi air minimal 2 liter setiap harinya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.
  6. Mengkonsumsi makanan yang baik dan seimbang.
  7. Mencuci tangan sampai bersih memakai sabun dan juga menggunakan air yang mengalir.
  8. Mendapatkan cukup pancaran sinar matahari dan udara segar yang bersih.
  9. Olahraga secara teratur.
  10. Mengendalikan emosi dan stres.
  11. Bekerja dan beristirahat secara seimbang.

Sekian info perihal menjaga kesehatan tubuh dengan cepat dan tepat, semoga postingan ini membantu kawan-kawan semua. Kami berharap postingan jaga kesehatan ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Sehat Jasmani dan Financial

Sekilas Bisnis Kesehatan Synergy

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.