Pare Dapat Mengobati Beberapa Penyakit

Komunitas SB1M

Pada kesempatan ini kami akan ulas mengenai Pare Dapat Mengobati Beberapa Penyakit. Pare bernama latin (momordica charabtia). Tanaman ini tergolong jenis semak semusim. Hidupnya menjalar atau merambat dengan sulur berbentuk spiral. Daunnya tunggal, berbulu, berbentuk lekuk dan bertangkai sepanjang 10 cm.

Pare Dapat Mengobati Beberapa Penyakit

Bunga pare berwarna kuning muda, batangnya berbulu agak kasar ketika masih muda, namun setelah tua akan gundul. Buahnya berbentuk bulat telur memanjang, warna hijau, kuning hingga jingga dan rasanya pahit. Meski berasa pahit tapi pare memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Air perasan pare berkhasiat sebagai antimikroba dalam usus, sehingga bisa membantu mengurangi sakit diare dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Buah pare mengandung albiminoid, karbohidrat dan zat warna. Daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin dan minyak lemak. Akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat. Bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid dan asam momordial.

Pasukan Synergy

Pare Dapat Mengobati Beberapa Penyakit

Khasiat tanaman pare berdasarkan beberapa literature dan penyakit yang bisa disembuhkan antara lain :

Disentri
  1. Buah Pare. Sediakan 2 buah pare segar dan cuci, lalu dipotong kecil-kecil. Tambahkan ¼ gelas air bersih kemudian buah pare di blender. Seduh dan peras. Silakan diminum 2 kali sehari.
  2. Akar Pare. Ambil segenggam akar pare, tambahkan 1 air bersih. Didihkan dan peras. Minum sekali sehari.
Kencing Manis (Diabetes)

Ambil 2 buah pare segar, cuci bersih dengan air dan lumatkan. Tambahkan ½ gelas air bersih. Aduk dan peras ramuan. Cara menggunakannya, minum sehari sebanyak 1 ramuan. Diulang selama 2 minggu. Lakukan hingga sembuh.

Penambah Air Susu Ibu (ASI)
  1. Buah Pare. Ambil 1 buah pare segar dan cuci. Lalu direbus dalam air mendidih selama beberapa menit. Cara menggunakan, pare dipakai sebagai lalapan. Lakukan teratur.
  2. Daun Pare. Sediakan 2 daun pare lalu dipanaskan beberapa saat. Kompreskan pada payudara.
Bisul

Ambil 1 buah pare segar dan dilumatkan. Torehkan parutan pare tersebut pada bagian yang terkena bisul. Lakukan secara rutin pagi dan sore hari.

Bronkhitis

Sediakan 2-3 buah pare, lalu diambil sarinya. Berikan 1 sendok makan madu. Minum sekali sehari. Lakukan selama 3 bulan. Resep ini juga baik untuk menyembuhkan anemia, radang perut, nyeri haid, reumatik dan melangsingkan tubuh.

Cacing Kremi

Sediakan 1 genggam daun segar, beri ¼ cangkir air bersih, lalu blender. Saring dengan kain kasa. Jika perlu tambahkan sedikit garam, gula aren secukupnya dan jeruk nipis. Minum sekali sehari ¼ cangkir. Lakukan selama 1 minggu.

Demam Nifas

Ambil 3 daun pare segar, cuci bersih dan lumatkan. Tambahkan segelas air dan sedikit garam, lalu seduh, peras dan saring. Cara menggunakan diminum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. Lakukan hingga sembuh.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Sediakan buah pare segar secukupnya. Lalu buah pare dicuci bersih kemudian buah pare direbus dalam air mendidih dalam beberapa menit. Cara menggunakannya, pare dipakai sebagai lalap. Lakukan secara rutin.

Demikian informasi tentang Pare Dapat Mengobati Beberapa Penyakit semoga bermanfaat.

Pasukan Synergy

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.