Penyebab dan Cara Mengatasi Abrasi Gigi

Komunitas SB1M

Pembahasan kita kali ini yakni Penyebab dan cara mengatasi abrasi gigi. Abrasi gigi adalah keadaan abnormal yang mana lapisan gigi email atau dentin terkikis. Abrasi ini disebabkan gesekan (gaya friksi) langsung antara gigi dan benda abrasif.

Pasukan Synergy

Penyebab dan Cara Mengatasi Abrasi Gigi

Pasukan Synergy

Penyebab dan cara mengatasi abrasi gigi

Hal-hal yang dapat mengakibatkan abrasi gigi seperti :

  1. Cara menyikat gigi yang tidak tepat
  2. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi yang berlebihan di antara gigi
  3. Kebiasaan buruk misalnya menggigit pensil
  4. Penggunaan gigi tiruan lepasan yang menggunakan cengkeram

Yang paling sering ditemukan adalah kondisi abrasi yang disebabkan cara menyikat gigi kea rah horizontal dan dengan penekanan yang terlalu kuat. Gigi-gigi yang mengalami abrasi menjadi hipersensitif yang ditandai rasa ngilu bila terkena dingin atau hembusan angin. Secara klinis gambarannya pada gigi-gigi yang mengalami abrasi terdapat taktik seperti huruf V di dekat gusi.

Perawatan untuk abrasi gigi tergantung pada tingkat keparahan dan tidak semua membutuhkan perawatan. Cara untuk mengatasi abrasi gigi ini yaitu ubahlah cara menyikat gigi yang Anda lakukan. Ubahlah cara menyikat gigi Anda tidak lagi ke arah horizontal tetapi ke arah vertikal yaitu dari arah gusi ke atas atau ke bawah dengan gerakan sedikit memutar.

Selain itu ganti pasta gigi Anda dengan pasta gigi yang mengandung potasium sulfat untuk mengurangi rasa ngilu pada pada gigi. Jika rasa ngilu masih berlanjut sebaiknya periksa ke dokter gigi. Biasanya dokter gigi akan memberi tambahan fluor yang dioles di permukaan gigi. Bila kerusakannya parah bisa ditambal dengan tambalan yang sewarna gigi.

Demikian info sehat dan cantik tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah gigi ini semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.