Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat

Pembahasan kita sekarang yakni program diet rendah purin bagi penderita asam urat. Diet adalah kondisi seseorang harus mengurangi konsumsi jenis makanan tertentu. Diet pada penderita asam urat (gout) yaitu harus mengonsumsi makanan yang rendah purin.

program diet rendah purin

Program Diet Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat

Penyebab utama asam urat karena meningkatnya kadar asam urat dalam darah yang disebabkan adanya gangguan metabolisme. Salah satunya disebabkan karena mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Oleh karena itu, penderita penyakit gout dianjurkan untuk diet rendah purin guna mengurangi pembentukan asam urat.

Kadar purin dalam makanan normal dalam sehari bisa mencapai 600 – 1000 mg. Sedangkan diet bebas purin dibatasi hanya mengandung 120 – 150 mg purin. Tetapi diet yang dilakukan juga harus memenuhi cukup kalori, protein, mineral dan vitamin.

Tujuan Diet Rendah Purin

Diet rendah purin bertujuan untuk mengurangi makanan yang kaya akan kandungan purin seperti sarden, kangkung, jeroan, dan bayam. Jika pada kadar normal makanan sehari-hari ambang kandungan purin yang bisa ditoleransi adalah 600 – 1000 mg. Maka pada program diet ini dibatasi berkisar pada 120 – 150 mg.

Selain itu diet dari asam urat juga bertujuan untuk mempertahankan status gizi optimal. Serta menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urin untuk selalu dalam keadaan normal.

Pasukan Synergy

Syarat Diet Rendah Purin

Syarat diet bebas purin bagi penderita penyakit asam urat yaitu sebagai berikut :

a. Pembatasan purin

Apabila telah terjadi pembengkakan sendi atau kadar asam urat serum lebih dari 10 mg/dl, penderita harus diberikan diet rendah purin. Namun, karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotin. Maka pada penderita asam urat harus dikurangi kandungan purinnya hingga kira-kira hanya mengonsumsi sekitar 100 – 150 mg purin/hari.

b. Kalori sesuai kebutuhan

Bagi penderita gout yang kelebihan berat badan harus menurunkan berat badannya. Dengan cara memperhatikan jumlah konsumsi kalorinya. Dalam hal ini jumlah kalori disesuaikan dengan kebutuhan dan dijaga agar berat badan tidak dibawah normal atau kurang gizi.

Pasukan Synergy

Pada penderita asam urat yang gemuk, konsumsi kalori perlu di kurangi 10 – 15% dari total konsumsi kalori yang normal setiap harinya. Untuk mengatasi rasa lapar akibat konsumsi kalori, penderita dapat mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

c. Tinggi karbohidrat

Karbohidrat diberikan sesuai dengan kebutuhan kalori. Ada dua jenis karbohidrat yang biasa dikonsumsi, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks, seperti nasi, singkong, ubi, sangat baik dikonsumsi oleh penderita gout karena dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin.

Oleh karena itu, konsumsi karbohidrat kompleks disarankan tidak kurang dari 100 g/hari. Namun, penderita asam urat (gout) harus mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa. Karena, konsumsi fruktosa tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat serum.

d. Rendah protein

Penderita gout diberikan diet rendah protein karena protein dapat meningkatkan produksi asam urat. Terutama protein yang berasal dari bahan makanan hewani. Penderita gout dapat diberikan protein sebesar 50-70 g/hari atau 0,8-1,0 g/kg berat badan/hari.

e. Rendah lemak

Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Oleh karena itu, penderita gout sebaiknya diberi diet rendah lemak. Penderita harus membatasi makanan yang digoreng dan bersantan serta menghindari penggunaan margarin berasal dari produk nabati atau mentega berasal dari produk hewani.

f. Tinggi cairan

Konsumsi cairan yang tinggi, terutama dari minuman, dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urin. Sebaiknya penderita gout dapat menghabiskan minuman sebanyak 2,5 liter atau sekitar 10 gelas sehari.

g. Tanpa alkohol

Alkohol terbukti dapat meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat yang dihasilkan akan menghambat pengeluaran asam urat. Oleh karena itu, makanan yang mengandung alkohol, seperti tape dan brem sebaiknya dihindari.

h. Makanan yang menghasilkan sisa basa tinggi

Tofi cenderung terbentuk pada pH darah dan urin yang rendah. Untuk mengurangi resiko terbentuknya kristal monosodium urat di sendi-sendi dan batu asam urat di ginjal penderita gout sebaiknya mengkombinasikan makanan rendah purin dengan bahan pangan tinggi sisa basa.

Jenis Diet Rendah Purin

Diet rendah / bebas purin terdiri dari dua jenis, yaitu :

  1. Diet purin rendah I yang mengandung 1.500 kkal.
  2. Diet purin rendah II yang mengandung 1.700 kkal.

Pada diet ini harus rendah purin, rendah lemak, rendah kalori, cukup vitamin dan mineral. Diet ini di lakukan sampai kadar asam urat darah dan berat badan menjadi normal. Berikut kandungan gizi diet purin yaitu :

Energi dan Zat Gizi Diet rendah purin I Diet rendah purin II
Energi (kkal) 1.500 1.700
Protein (g) 61 65
Lemak (g) 31 31,5
Karbohidrat (g) 247 289
Serat (g) 25 26,5
Kalsium (mg) 547 559
Besi (mg) 15,4 16,2
Vitamin A (RE) 23.373 23.383
Thiamin (mg) 1,0 1,1
Vitamin C (mg) 198 207

Makanan yang Harus Dihindari Pada Penderita Asam Urat

Pada penderita asam urat (gout) makanan yang harus dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

a. Golongan A

Makanan yang mengandung purin tinggi (150 – 800 mg/100 gram makanan) adalah :

  • hati,
  • ginjal,
  • otak,
  • jantung,
  • paru,
  • jeroan,
  • udang,
  • remis,
  • kerang,
  • sarden,
  • herring,
  • ekstrak daging (abon, dendeng),
  • ragi (tape),
  • alkohol, dan
  • makanan dalam kaleng.

b. Golongan B

Makanan yang mengandung purin sedang (50 – 150 mg/100 gram makanan) adalah :

  • ikan yang tidak termasuk golongan A,
  • daging sapi,
  • kacang-kacangan,
  • kembang kol,
  • bayam,
  • buncis,
  • jamur,
  • daun singkong, dan
  • kangkung.

c. Golongan C

Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0 – 5 mg/100 gram makanan) adalah

  • keju,
  • telur,
  • sayuran lain,
  • buah-buahan tertentu seperti nanas, durian, alpukat, air kelapa.

Lama Pemberian Diet Rendah Purin

Diet diberikan sampai kadar asam urat darah dan berat badan menjadi normal. Kadar asam urat normal yang digunakan dalam literatur ini yaitu 3,4 – 7 mg/dl.

Sekian informasi berkaitan dengan program diet rendah purin bagi penderita asam urat, kami harap postingan ini membantu Anda. Mohon postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Penyakit Asam Urat

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Smart Detox
Jual Smart Detox di Rongkop Resmi dan Terpercaya
Jual Smart Detox di Serangpanjang Resmi dan Terpercaya
Jual Smart Detox di Jiput Resmi dan Terpercaya

Nabati

Madu Ramuan Herbal Tanaman Herbal Teh

Olahraga

Senam Hamil Yoga

Pikiran Sehat

Smart Eating

Pintar Makan Sehat Pintar Minum Sehat Pintar Olah Bahan Makanan
Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman
Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah dan Aman
Penyebab dan Cara Mengatasi Abrasi Gigi
Penyebab dan Cara Mengatasi Abrasi Gigi
Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata
Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata
manfaat pohon dan daun salam untuk obat alami
Manfaat Pohon dan Daun Salam Untuk Obat Alami

Gizi Anak

Kelainan Anak

Kelainan Fisik Kelainan Mental

Pengobatan Anak

Pengobatan Penyakit Ringan

Penyakit Anak

Kanker Anak
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
program diet rendah purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
gejala anemia yang sering terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis