Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata

Komunitas SB1M

Di artikel ini kami akan jelaskan seputar Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata. Zoonosis merupakan salah satu ancaman gangguan kesehatan yang dihadapi sejumlah negara termasuk Indonesia. Zoonosis adalah jenis penyakit bersifat menular yang sebagian besar bersifat akut dan fatal bagi manusia yang bersumber pada hewan. Zoonosis menjadi salah satu permasalahan serius yang harus dihadapi dan diatasi bangsa Indonesia.

Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata

Karena saat ini telah terjadi peningkatan ancaman zoonosis yaitu ebola dan MERSCoV. Dua jenis penyakit ini memiliki dampak multi aspek mulai dari

  • banyaknya rakyat yang sakit,
  • menurunnya daya saing pasar global,
  • munculnya ribuan korban jiwa, hingga
  • menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Zoonosis Merupakan Ancaman Tidak Kasat Mata

Ancaman zoonosis bukan sesuatu yang mudah untuk ditangani, terlebih apabila dalam situasi darurat. Untuk itu, kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus dibangun, mulai dari sistem kepemerintahan yang terdepan yaitu desa hingga pemerintah pusat, sistem pencegahan di perbatasan darat, laut dan udara sebagai gerbang masuk negara, hingga ke sistem pencegahan dan pengendalian zoonosis di tengah masyarakat.

Pasukan Synergy

Pembangunan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dilakukan dengan memastikan terpenuhinya kapasitas sumber daya manusia, logistik, pedoman dan mekanisme penganggaran dan pengelolaannya, yang semua itu harus dilakukan melalui harmonisasi perundangan dan sinergi pelaksanaan.

Diakui pemerintah dalam hal ini Menkes, banyak pimpinan daerah, birokrat dan anggota dewan yang belum memahami bahwa ancaman zoonosis adalah bagian dari isu strategis di tingkat nasional dan global yang erat kaitannya dengan keamanan dan pertahanan. Ancaman ini tidak seperti fenomena alam yang kasat mata, namun sebenarnya sudah ada di tengah-tengah kita tanpa disadari. Karakteristik masyarakat Indonesia yang berinteraksi erat dengan hewan, baik hewan ternak, peliharaan maupun liar menjadikan kerentanan itu kian besar. Apalagi dalam pemeliharaan hewan kesayangan tidak dilakukan secara bertanggung jawab, seperti halnya ancaman rabies yang memiliki fatalitas 100 persen.

Melihat karakter ancaman yang tidak kasat mata dengan dampak yang ditimbulkan demikian serius, maka dalam kondisi darurat zoonosis, informasi menjadi kunci untuk melaksanakan respons terhadap suatu kejadian zoonosis, di samping pola pikir dan tindakan pencegahan guna kepentingan rakyat luas yang harus diutamakan sebelum permasalahan terlanjur menjadi besar. Untuk itu pertukaran informasi baik melalui kesisteman yang sedang dibangun bersama yaitu Sistem Informasi Zoonosis dan Emerging Infectious Diseases (SIZE) maupun melalui pelaksanaan koordinasi multi sektor perlu terus diperkuat sesuai tantangan yang ada.

Pasukan Synergy

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.