NLP Terapi Sehat

Definisi NLP atau Neuro Linguistic Programing secara Sederhana

Definisi NLP

Topik kita sekarang yakni Definisi NLP atau Neuro Linguistic Programing secara Sederhana. Apa itu NLP? Saat ini terdapat banyak sekali pemahaman tentang apa itu dan definisi NLP. NLP merupakan singkatan dari Neuro-Linguistic Programming. Secara umum NLP adalah sebuah teknik untuk mengkodekan bagaimana manusia mengorganisasikan pikiran, perasaan, bahasa dan perilaku agar memberikan hasil sesuai keinginan.

Definisi NLP

Definisi NLP (Neuro Linguistic Programing)

NLP menyediakan berbagai metodologi untuk memodel performa luar biasa yang dicapai oleh para jenius dan pemimpin di bidangnya. NLP juga adalah suatu teknik yang bisa membantu seseorang supaya memiliki pengalaman baru dalam hidupnya. Yaitu dengan cara “mengubah peta mental” mereka sendiri.

Definisi NLP juga bisa diartikan berdasarkan dengan kata penyusun NLP itu sendiri, yaitu:

  • Neuro : mengacu pada otak dan apa yang terjadi dalam pikiran atau neuro.
  • Linguistic : mengacu pada bahasa dan bagaimana caranya kita bisa memanfaatkannya.
  • Programming : mengacu pada berbagai hal yang berkaitan dengan bermacam pikiran, ide, pola dari perilaku kita.

Di dalam NLP, setiap perilaku punya struktur internal yang mendukungnya. Bila kita telah mengenali dan memahami struktur internal ini. Maka lebih lanjut, pemahaman terhadap hal ini bisa dipakai untuk memogram ulang pola-pola perilaku (patterns of behavior). Sehingga memungkinkan kita untuk mencapai excellence.

Seperti ungkapan Dr. Richard Bandler, NLP merupakan cara mendesain struktur internal seseorang seperti mendesain sebuah ruangan. Kita dapat memilih apa yang mau diletakan di situ. Kita dapat merubah letak, visual, suara, pengalaman, bau, rasa, di ruangan tersebut. Dengan menggunakan representasi kelima indera kita, struktur internal seseorang dibangun.

Oleh karena itu, sebuah proses perubahan di NLP merupakan proses mendesain atau mendesain ulang struktur internal seseorang, sesuai kemauan. Di NLP, hal ini disebut sebagai modeling. Yang dimaksud modeling di sini yakni seseorang dengan model internal yang tak bermanfaat atau yang tidak sesuai keinginannya dalam memodel. Atau mencontoh model internal sesuai yang diinginkannya.

Definisi NLP ini juga sering disebut sebagai suatu teknologi yang mempelajari operasional dunia secara subyektif. Karena dunia internal seseorang yang mempengaruhi pengalamannya di dunia eksternal. Jadi prinsip sederhananya yaitu bagaimana cara mendesain secara subyektif dunia internal, untuk memperoleh hasil di dunia eksternal sesuai keinginan.

Lebih Jauh Tentang Pengertian NLP

Secara lebih spesifik dari definisi NLP dijelaskan sebagai berikut :

a. Neuro

Neuro sederhananya adalah

  • cara berpikir,
  • cara mengambil informasi dari dunia luar,
  • cara memfilternya,
  • cara memproses informasi,
  • cara memproduksi tindakan,
  • cara memperluas peta realita,
  • cara memperkaya model dunia,
  • dan lain-lain.

Dalam neuro terdapat berbagai hal yang jadi referensi kita berpikir dan bertindak. Yang disebut dengan Peta Realita dan Model Dunia. Kedua hal ini berdasarkan apa yang pernah dipelajari dan diketahui sepanjang hidup, karena sifatnya subyektif. Dengan merubah cara-cara di atas, kita pun merubah perilaku dan merubah hasil kita.

Setiap individu punya system penyaringan mental yang unik dalam memproses jutaan data informasi dari dunia eksternal. Yaitu yang diperoleh melalui panca indra seperti Visual, Auditori, Kinestetic, Olfactory, dan Gustatory. Hasil dari proses penyaringan neurologis ini biasa disebut dengan peta mental pertama yang terdiri dari gambar internal, suara, sensasi, dll.

b. Linguistic

Linguistic artinya bahasa. Cara memproses bahasa yang diinderakan dan yang kita pakai baik secara internal (inner talk) atau eksternal (berbicara). Bahasa mempengaruhi pikiran dan dipengaruhi cara berpikir. Merubah cara kita memproses bahasa dan berbahasa. Kita juga merubah tindakan dan merubah pula hasilnya. Kemudian kita “memaknai” segenap informasi yang kita terima dari dunia eksternal tersebut. Pada proses ini kita “melekatkan” bahasa pada berbagai gambar, suara, sensasi, dll. Hal ini disebut “peta mental kedua” atau linguistic map.

c. Programing

Programming merupakan berbagai program atau strategi dalam berpikir dan berperilaku. Ini adalah tahapan-tahapan kita dalam berpikir dan bertindak. Ada strategi yang efektif ada yang tidak. Perubahan hasil sangat tergantung dari program atau strategi yang kita persiapkan. Rubah strategi, maka berubah hasilnya. Program ini merupakan respon dalam bentuk perilaku yang terjadi sebagai hasil dari bekerjanya kedua peta mental tersebut.

Pengertian NLP menurut Pakar

Beberapa definisi NLP menurut beberapa pakar atau ahli antara lain:

  1. Ilmu tentang bagaimana otak mengkodekan pembelajaran dan pengalaman.
  2. Kajian mengenai struktur dari pengalaman subjektif.
  3. Suatu sikap keingintahuan yang tinggi dan metodologi (tentang dunia pikiran manusia) yang meninggalkan jejak berupa serangkaian teknik.
  4. Sebuah model bagaimana kita menerima, menyimpan dan memanggil suatu informasi.
  5. Sebuah pedoman penggunaan otak manusia.
  6. Serangkaian teknik yang digunakan untuk mempercepat pengkondisian koneksi antar syaraf.
  7. Teknik memprogram pikiran bawah sadar dengan visualisasi yakni melihat, mendengar dan merasakan sudah terjadi di dalam mental.

Demikian informasi seputar Definisi NLP atau Neuro Linguistic Programing secara Sederhana, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap artikel arti NLP ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Bisnis dan Investasi Kesehatan

About the author

Smart DETOX

Add Comment

Click here to post a comment

Topics