Penyakit Stroke dan Jantung

Gagal Jantung Lebih Banyak Dialami oleh Pria daripada Perempuan

Di artikel ini kami akan ulas perihal Gagal Jantung Lebih Banyak Dialami oleh Pria daripada Perempuan. Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang terletak dalam mediastinum di antara kedua paru-paru. Jantung memiliki fungsi utama sebagai pemompa darah. Gagal jantung adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan terhadap nutrisi dan oksigen.

Gagal Jantung Lebih Banyak Dialami oleh Pria daripada Perempuan

Gagal Jantung Lebih Banyak Dialami oleh Pria daripada Perempuan

Mekanisme yang mendasar tentang gagal jantung termasuk kerusakan sifat kontraktil dari jantung yang mengarah pada curah jantung kurang dari normal. Gagal jantung juga merupakan suatu keadaan akhir dari setiap penyakit jantung.

Gagal jantung mempengaruhi lebih dari 20 juta pasien di dunia. Meningkat sekitar 6 – 10%, lebih banyak mengenai laki-laki dibandingkan dengan wanita. Tanda yang sering muncul pada gagal jantung antara lain, keluhan sesak, mudah lelah, berkeringat banyak walaupun tidak beraktivitas berat, terbangun di malam hari karena sesak, nyeri dada sebagai keluhan awal, bengkak di daerah kaki, rasa tidak nyaman di perut atas bagian kanan.

Berdasarkan bagian jantung yang mengalami kegagalan pemompaan, gagal jantung terbagi atas gagal jantung kiri, gagal jantung kanan dan gagal jantung kongestif.

Penyebab terjadinya gagal jantung biasanya dipicu masalah kesehatan seperti kardiomiopati atau gangguan pada otot jantung. Kemudian penyakit jantung koroner dan serangan jantung, hipertensi, miokarditis atau radang otot jantung, kerusakan katup jantung, gangguan ritme jantung dan hipertioridisme.

Gagal jantung merupakan masalah kesehatan yang berbahaya yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Bahkan penyakit ini dapat mengakibatkan kematian mendadak. Oleh karena itu penderita gagal jantung harus mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sebagian besar penderita gagal jantung harus minum obat dalam jangka panjang atau bahkan seumur hidup agar gejalanya bisa terkendali. Beberapa penderita lain yang memiliki gejala parah bahkan terpaksa harus dipasangi alat penopang jantung, melakukan operasi, atau bahkan menjalani transplantasi jantung agar tetap bertahan.

Demikian info sehat dan cantik tentang Gagal Jantung Lebih Banyak Dialami oleh Pria daripada Perempuan semoga bermnafaat.

Referensi :

About the author

Smart DETOX

Add Comment

Click here to post a comment

Topics