Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Komunitas SB1M

Kali ini kami akan jelaskan tentang Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Asam Jawa bernama latin Tamarindus indica L. Salah satu jenis tanaman berbuah polong ini banyak tumbuh di daerah tropis. Batang pohonnya cukup keras dengan daun sangat rindang. Daunnya bertangkai panjang sekitar 17 cm dan bersirip genap.

Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Buah asam Jawa banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Tak jarang juga digunakan sebagai bahan minuman yang dapat ditemukan pada penjual jamu.

Pasukan Synergy

Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Buah asam mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Kulit bijinya mengandung phlobatannin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati. Karena itulah buah berbentuk polong dengan rasa asam ini memiliki beragam khasiat bagi tubuh.

Khasiat dan beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan asam Jawa serta pemanfaatannya berdasarkan literature antara lain :

Sakit Asma

Ambil dua potong kulit batang asam Jawa dan adas. Lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakannya minuman air rebusan dua kali sehari.

Batu Kering

Sediakan buah asam Jawa sebanyak tiga polong dan setengah genggam daun saga. Kedua bahan direbus dengan empat gelas air hingga tinggal satu gelas dan disaring. Ramuan diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Demam

Jika anggota keluarga ada yang demam jangan terburu-buru memberikan obat kimia. Cobalah dengan rebusan dari satu genggam daun asam Jawa dan adas. Saring air rebusan. Kemudian ramuan minum dua kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Perut

Ambil tiga polong buah asam Jawa yang sudah masak dicampur dengan kapur sirih dan minyak kayu putih. Dicampur merata dan digunakan sebagai obat gosok terutama pada perut. Jika ingin ramuan minuman, seduh tiga polong buah asam Jawa dengan satu potong gula aren.

Pasukan Synergy
Bisul

Ambil daging buah asam Jawa yang sudah matang, direndam dalam satu gelas air sehingga mengembang, lima iris temulawak yang dicuci dahulu sebelum diiris, serta gula aren untuk pemanis. Semua bahan didihkan sehingga airnya tinggal setengah.

Cara menggunakannya, diminum satu kali sehari sampai sembuh. Sedangkan untuk obat yang ditempelkan. Ambil asam Jawa sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Cara menggunakannya tempelkan ke bisul. Lakukan sampai sembuh.

Lancarkan Buang Air Besar (BAB)

Ambil buah asam Jawa yang sudah masak secukupnya. Lalu dibersihkan dan diseduh dengan air matang. Tambahkan gula merah Jawa, jika mau. Cara menggunakannya, diminum secara teratur sampai sembuh.

Gatal pada Bekas Luka Mengering
  1. Ambil asam Jawa yang diseduh dengan air matang bersih. Lalu asam Jawa digosokkan ke bekas luka yang gatal.
  2. Satu sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit, dicuci, dilumatkan kemudian ditempelkan ke bekas luka yang gatal.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.