Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Beberapa Literatur

Komunitas SB1M

Topik kita kali ini adalah Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Beberapa Literatur. Bawang merah (Allium cepa L) merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam masakan. Biasanya dimasukkan ke dalam sayuran yang diolah berkuah atau tumis. Sering juga dipotong tipis-tipis, digoreng kering untuk ditaburkan pada masakan. Efeknya menyedapkan masakan dan mengharumkan masakan.

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Namun menurut Peneliti Kimia Farmasi UNY Prof. Dr. Nurfina Aznam SU Apt, selain sebagai bumbu masakan, bawang merah juga mempunyai banyak fungsi dalam pengobatan tradisional. Contohnya, bisa mengatasi perut kembung, menurunkan panas dan mengobati masuk angin pada anak.

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Beberapa Literatur

Berbagai penelitian menyebutkan, bawang merah atau brambang bisa mengurangi risiko kolesterol. Secara ilmiah kandungan sulfur dalam bawang merah yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol. Sedangkan kandungan flavon-glikosida berfungsi sebagai antiradang dan pembunuh bakteri.

Bawang merah juga mengandung saponin yang berkhasiat mengencerkan dahak. Uji medis menemukan kandungan pelbagai vitamin, termasuk vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), dan C (ascorbic acid). Umbi lapisnya juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, dan C.

Khasiat dan penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang merah berdasarkan literatur yang ada antara lain:

Perut kembung

Ambil umbi bawang merah segar. Lalu dikupas kulitnya dan dipukul sampai hancur. Serpihan umbi bawang merah dibalurkan ke perut bayi atau anak yang terasa kembung perutnya karena mau muntah. Bisa juga ditambahkan minyak kayu putih sebagai penghangat.

Muntah-muntah

Caranya bisa seperti untuk mengatasi perut kembung atau bawang merah dikonsumsi mentah.

Pasukan Synergy
Penurunan kolesterol

Ambil bawang merah yang masih segar secukupnya, dikupas kulitnya agar bersih, iris tipis-tipis, kemudian digoreng dalam minyak sayur. Cara menggunakannya, sebagai bumbu masakan atau dimakan dalam kondisi mentah saat makan sate.

Pasukan Synergy
Masuk angin

Ambil umbi bawang merah segar secukupnya. Lalu dikupas kulitnya dan dipukul sampai hancur. Serpihan umbi bawang merah dibalurkan ke perut yang sakit masuk angin. Bisa juga ditambahkan minyak kayu putih. Lakukan pagi dan sore.

Batuk

Sediakan umbi bawang merah 4 gram, daun poko 4 gram, daun sembung 3 gram, daun pegagan 4 gram, buah adas 2 gram, air secukupnya, dipipis, dibuat pil atau direbus. Diminum sehari sekali pada pagi hari, jika dipipis diminum sekali sehari ¼ cangkir dan apabila dalam bentuk pil diminum 3 kali sehari sebanyak 9 pil.

Kencing manis (Diabetes)

Sediakan umbi bawang merah sebanyak 4 gram, buah buncis 15 gram dan daun salam semuanya dirajang. Kemudian semua bahan direbus ke dalam air secukupnya. Cara menggunakan, diminum sekali sehari.

Meredakan demam pada anak

Ambil umbi bawang merah secukupnya dan dipotong tipis-tipis, sediakan minyak kelapa serta minyak kayu putih secukupnya. Semua bahan diremas-remas dan minyak perasan dioleskan pada perut yang kembung serta ke seluruh badan, kaki dan tangan pada anak yang demam.

Referensi: Produk Herbal Berkualitas

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.