Khasiat Tanaman Singkong Menurut Beberapa Literatur

Khasiat tanaman singkong menurut beberapa literatur dan para ahli sangat banyak. Singkong memiliki ciri batang lunak, getas atau mudah patah. Singkong mempunyai sebutan berbeda di tiap daerah misalnya ubi kayu, ketela pohon, tela pohung (Jawa), ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela balada (Madura), lame kayu (Makassar) dan pangala (Papua). Tanaman singkong sangat mudah tumbuh dan banyak ditanam di pekarangan, tanggul ataupun sawah. Perbanyakan tanaman ubi kayu sangat mudah dapat dilakukan dengan steak dari singkong tua.

Khasiat Tanaman Singkong

Khasiat Tanaman Singkong Menurut Beberapa Literatur

Umbi singkong mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang dan zat besi. Kulit batang singkong mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida dan kalsium oksalat.

Beberapa khasiat dan penyakit yang bisa disembuhkan dengan singkong antara lain :

Meningkatkan Stamina

Sediakan 100 gram daun singkong segar, 25 gram kencur dan 5 butir angco yang telah dibuang bijinya. Lalu semua bahan diblender dengan menambahkan air secukupnya. Kemudian tambahkan madu dan diminum.

Mengatasi Rematik
  1. Sediakan sebanyak lima lembar daun singkong muda, 15 gram jahe merah, daun kapur sirih secukupnya. Lalu semua bahan dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Cara menggunakan, ramuan diaduk dan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
  2. Sediakan 100 gram bang singkong, satu batang sereh dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu ramuan disaring. Cara menggunakan ramuan ini yaitu minum air rebusan sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari secara teratur.
Mengatasi Sakit Kepala

Ambil daun singkong muda yang masih segar secukupnya dan dicuci bersih. Kemudian daun singkong tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan, tumbukan daun singkong digunakan untuk kompres. Lakukan secara rutin.

Sebagai Obat Demam

Sediakan 60 gram batang pohon singkong, 30 gram jail yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air mendidih hingga tersisa 400 cc, ramuan kemudian disaring. Cara menggunakan ramuan ini yaitu diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari.

Obat Diare

Sediakan 7 lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air mendidih hingga tersisa 400 cc, lalu disaring. Cara menggunakan rebusan ini yaitu diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari secara rutin.

Obat Cacingan

Ambil 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng China direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Mengatasi Beri-beri

Sediakan 200 gram daun singkong yang masih muda. Kemudian daun singkong direbus dalam air mendidih. Cara menggunakan, daun singkong dimakan sebagai lalap. Lakukan secara rutin.

Luka Bernanah

Ambil batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.

Luka Terbakar

Obat luka karena terkena benda panas. Caranya, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap. Cara menggunakan sari pati dioleskan pada bagian yang luka.

Demikian info tentang Khasiat Tanaman Singkong Menurut Beberapa Literatur semoga bermanfaat.

Referensi :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi