Kulit Manggis Banyak Mengandung Antioksidan yang Bermanfaat

Kulit manggis banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh di era modern seperti sekarang dimana orang memiliki aktivitas harian yang padat. Terkadang hal ini membuat sebagian orang mengabaikan gaya hidup sehat.

Kulit Manggis Banyak Mengandung Antioksidan yang Bermanfaat

Kulit Manggis Banyak Mengandung Antioksidan yang Bermanfaat

Padahal gaya hidup dan pola makan tak sehat tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Contohnya :

  • kebiasaan makan makanan instan (junk food),
  • tidak mengimbangi makan buah dan sayur,
  • kurang minum air putih,
  • senang begadang,
  • tidak sempat berolahraga
  • dan lain sebagainya.

Belum lagi kondisi lingkungan yang buruk seperti polusi udara, yang berasal dari asap pembakaran dan asap kendaraan bermotor yang harus dihadapi setiap hari. Hal ini tentu sangat meresahkan karena polusi udara merupakan salah satu sumber radikal bebas yang sifatnya dapat merusak sel-sel jaringan tubuh yang sehat.

Selain polusi udara, radikal bebas juga dipengaruhi oleh kebiasaan merokok, stress, penggunaan pestisida pada makanan dan radiasi sinar matahari. Para peneliti telah membuktikan bahwa radikal bebas adalah salah satu penyebab penyakit degeneratif (penyakit yang muncul seiring bertambahnya usia serta kemunduran fungsi sel tubuh) seperti diabetes mellitus (DM), hipertensi, penyakit jantung koroner, stoke dan lain-lain.

Gaya Hidup

Kurang menerapkan gaya hidup sehat ditambah dengan sulitnya menghindari radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber dapat menjadikan kesehatan dan daya tahan tubuh menurun. Meskipun mustahil untuk menghindari radikal bebas, tetapi masih bisa dilawan dengan antioksidan. Antioksidan bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan antara lain tomat, bayam, wortel, brokoli, dan jeruk.

Bila kesulitan memperolehnya hanya dari makanan, solusinya diciptakanlah produk suplemen makanan untuk memenuhi nutrisi dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Produk yang cukup banyak diminati adalah suplemen makanan yang terbuat dari kulit manggis.

Selama ini, orang cenderung mengkonsumsi manggis hanya daging buahnya saja, sementara kulit buahnya terbuang percuma. Padahal kulit buah manggis sejatinya telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu, khususnya di benua Asia. Di Cina kulit manggis dimanfaatkan sebagai obat diare. Di Thailand dan Filipina, lazim digunakan untuk mengobati disentri dan infeksi kulit. Sedangkan di India, masyarakatnya memakai tepung kulit manggis kering untuk mengatasi disentri, luka bakar, luka bernanah, dan maag.

Buah Manggis

Di dalam buah manggis (Garcinia Mangostana L) memang terkandung komponen aktif bersifat antioksidan, yang disebut xanton atau xanthones. Xanton banyak terdapat di bagian kulit buah dan sedikit di dalam kulit biji manggis. Sebagai senyawa polifenol bermolekul besar, xanton dalam kulit manggis tersusun lebih dari 40 senyawa antioksidan seperti isomangostin, mangiferin, mangostin, garcinone, dan lain-lain.

Hasil uji laboratorium tes Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC), xanton mempunyai kemampuan antioksidan berkisar pada nilai 17000 – 20000 ORAC per 100 ounce. Tes ORAC ini merupakan cara paling akurat untuk mengukur kemampuan antioksidan dari suatu zat dalam menyerap radikal bebas.

Antioksidan Xanton

Kemampuan antioksidan xanton yang banyak terdapat dalam kulit manggis tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan kemampuan antioksidan yang terdapat dalam tomat (200 ORAC), pisang dan mangga (300 ORAC), anggur (1100 ORAC), apel (1400 ORAC), jeruk (2400 ORAC) dan strawberry (2600 ORAC). Pendek kata, hal ini membuat kemampuan antioksidan xanton bekerja lebih cepat dan lebih signifikan dalam menjaga sistem imun, stamina, atau mencegah penyakit, termasuk penyakit degeneratif dan penyakit akibat mikroorganisme.

Tak heran, suplemen kulit manggispun banyak peminatnya. Bukan hanya di wilayah Asia, tetapi masyarakat di luar Asiapun kini telah mengenal suplemen kulit manggis berupa jus yang juga kaya akan xanton. Suplemen ini bahkan termasuk dalam top ten trend food suplemen di USA menurut Datamonitor’s ProductScan Online.

Demikian info tentang Kulit Manggis Banyak Mengandung Antioksidan yang Bermanfaat.

Referensi :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi