Manfaat Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6 Bagi Tubuh Manusia

Di artikel ini kami akan ulas terkait dengan Manfaat asam lemak omega 3 dan omega 6 bagi tubuh manusia. Asam lemak omega 3 dan omega 6 sering juga disebut sebagai asam lemak esensial atau asam lemak. Asam lemak dibutuhkan untuk proses metabolisme normal seseorang, tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh yang bersangkutan.

Manfaat Asam Lemak Omega

Manfaat Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6 bagi Tubuh Manusia

Secara kimiawi, asam lemak esensial ini merupakan asam lemak rantai panjang yang memiliki lebih dari satu ikatan rangkap. Ikatan yang berseling dengan posisi cis (sejajar). Dimana urutan ikatan rangkap ini yang menentukan apakah dia termasuk asam lemak omega 3 atau omega 6.

Asam lemak seperti ini disebut PUFA (poly unsaturated fatty acid) atau asam lemak tak jenuh ganda. Adanya ikatan rangkap ini menjadikan asam lemak tersebut tidak lurus tetapi agak bengkok. Bentuk yang seperti ini menjadikan senyawa ini lebih sulit untuk dapat membeku pada kamar dibandingkan dengan asam lemak jenuh.

Contoh gampangnya adalah minyak kelapa sawit yang banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda, akan tetapi berada dalam bentuk cair pada saat suhu dingin, sedangkan minyak kelapa yang banyak mengandung asam lemak jenuh, pada suhu dingin akan menjedal.

Awal penggunaan suplemen makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda adalah berasal dari pengamatan terhadap orang eskimo. Kondisi alam yang sangat dingin dan kering tidak memungkinkan orang eskimo mengkonsumsi banyak sayuran maupun buah-buahan. Walaupun demikian, orang eskimo relatif sehat dan tidak memiliki gangguan kesehatan terkait pola makanannya yang awalnya dianggap tidak seimbang yaitu 4 sehat 5 sempurna.

Kebiasaan Orang Eskimo

Ternyata salah satu faktor penting adalah kebiasaan orang eskimo untuk mengkonsumsi ikan mentah seperti ikan cod atau paus. Ikan-ikan yang hidup di laut dalam yang dingin ternyata sangat kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang diperoleh dari makananya yaitu plankton atau mikroalga. Berangkat dari fenomena tersebut, mulailah diproduksi secara komersil produk-produk minyak ikan antara lain dari ikan kod. Minyak ikan ini diyakini mengandung asam lemak tak jenuh ganda dalam jumlah yang tinggi.

Asam lemak tak jenuh ganda sebetulnya dapat diproduksi oleh tubuh kita dari asam linoleat. Jadi selama kita mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung asam linoleat maka sumber untuk asam lemak tak jenuh lainnya terpenuhi. Permasalahannya, konversi dari asam linoleat yang merupakan asam lemak omega 6 ke asam lemak omega 3 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, iklim, kondisi kesehatan dan lain-lain.

Janin dan bayi yang baru lahir sangat membutuhkan asupan yang cukup dari asam lemak tak jenuh ganda utamanya omega 3 untuk perkembangan sel-sel otak dan retina. Dikatakan bahwa bayi sampai dengan usia sekitar 3 tahun adalah masa-masa keemasan untuk perkembangan sel-sel otak dan retina.

Padahal, kemampuan bayi untuk menghasilkan asam lemak omega 3 sangat terbatas. Hal ini menjadi andalan promosi produk-produk yang mengandung asam lemak omega 3 sebagai suatu solusi mudah untuk menjadikan anak cerdas secara instan.

Asam Lemak

Pada kenyataannya asam lemak omega 3 terdapat dalam air susu ibu. Sehingga bayi yang cukup mendapatkan asupan air susu ibu, kebutuhan asam lemak omega 3 ini tercukupi. Saat ini produk-produk yang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 terdapat pada hampir semua produk makanan bayi, termasuk susu formula. Bahkan saat ini dikenal pula asam lemak omega 9.

Pencampuran asam lemak tersebut ke dalam makanan bayi memiliki keuntungan dari sisi kepraktisan dan juga kemudahan karena konsumsi terbesar bayi dan balita adalah susu. Pada bayi yang mengkonsumsi susu dalam jumlah yang wajar, tentunya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan tetapi banyak bayi/balita yang mengkonsumsi susu berlebihan sehingga dikhawatirkan terjadi over dosis. Setidaknya terjadi pengeluaran biaya yang tidak perlu karena biasanya susu formula dengan fortifikasi harganya jauh lebih mahal.

Efek Samping

Laporan mengenai efek samping kelebihan asam lemak tak jenuh ganda ini memang sangat jarang terjadi, antara lain terkait dengan potensi pendarahan dan juga penurunan daya tahan tubuh. Kehati-hatian tentunya tetap diperlukan apalagi saat ini tidak hanya susu yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda tetapi juga biskuit, bahkan produk-produk makanan seperti telur dan mie instan. Kunci penggunaan asam lemak tak jenuh ganda adalah pada komposisi yang seimbang diantara golongan satu dengan yang lainnya.

Selain bagi bayi dan balita, kelompok penduduk yang membutuhkan asupan asam lemak tak jenuh ganda adalah manula antara lain karena efek asam lemak omega 3 yang bersifat meredakan radang, depresi dan banyak dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Variasi Makanan

Sebetulnya variasi makanan dapat menjadi sumber yang lebih sehat dibandingkan produk-produk olahan yang difortifikasi. Salah satu alternatif pilihan adalah mengkonsumsi makanan suplemen yang mengandung asam lemak esensial.

Karena bentuknya makanan, konsumsi makanan fungsional berpotensi menyebabkan kebutuhan harian tubuh bisa terpenuhi berlebihan. Atau malah kurang tergantung dari banyak tidaknya makan/minum. Sedangkan suplemen makanan jumlah lebih bisa dikontrol selama dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

Apakah suplemen makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda tetap diperlukan? Konsumsi makanan organik yang bervariasi merupakan pilihan yang paling baik. Hanya saja perlu diingat, saat ini pakan ternak biasanya merupakan produk olahan atau tidak alami.

Pada ternak yang mendapatkan cukup asupan pangan alami seperti daun-daunan dan biji-bijian, asupan asam lemak omega 6 ternak tersebut akan tingi. Dan manusia mendapatkan manfaat berupa daging, telur dan susu yang kaya akan asam lemak omega 3. Dengan demikian tidak perlu lagi mengkonsumsi susu atau telur yang difortifikasi dengan asam lemak omega 3. Ataupun makanan suplemen seperti yang saat ini mungkin lebih mudah dijumpai.

Demikian info sehat dan cantik tentang manfaat asam lemak omega 3 dan omega 6 bagi tubuh manusia semoga bermanfaat.

Referensi: Bisnis dan Investasi Kesehatan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi