Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat

Komunitas SB1M

Topik kita sekarang yakni pedoman umum gizi seimbang untuk tubuh sehat. Peranan pola makan sehat dan gizi yang seimbang sangatlah penting. Yaitu dalam upaya mengurangi resiko dan menunjang proses penyembuhan penyakit degeneratif termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pedoman Umum Gizi Seimbang

Pedoman Umum Gizi Seimbang

Pengaturan pola makan bagi pengendalian penderita jantung dapat dilakukan dengan mengikuti Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) melalui lima cara:

1. Konsumsi Makanan Beranekaragam

Pedoman umum gizi seimbang yang pertama adalah konsumsi berbagai makanan. Makan makanan beranekaragam sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena tak ada satu jenis makanan pun yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan. Zat gizi ini dibutuhkan seseorang untuk tumbuh kembang supaya sehat dan produktif. Dengan memakan makanan berbagai macam akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur dalam tubuh.

  • Makanan sebagai sumber zat tenaga seperti beras, jagung, gandum, roti, dan ubi. Makanan ini menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari.
  • Makanan sumber zat pembangun berperan sangat penting untuk tumbuh kembangnya kecerdasan seseorang. Makanan sumber zat pembangun berasal dari bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu. Sedangkan sumber zat pembangun yang berasal dari makanan hewani ialah ikan, ayam, susu dan hasil olahannya.
  • Makanan sebagai sumber zat pengatur yaitu semua sayur mayur dan buah-buahan. Makanan ini mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, yang berperan untuk melancarkan fungsi organ tubuh agar bekerja optimal.

Keanekaragaman makanan dalam hidangan sehari-hari yang dikonsumsi minimal harus berasal dari tiap sumber zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. Prinsip idealnya tiap kali makanan, hidangan tersebut terdiri dari 4 kelompok makanan (makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah).

Dengan mengkonsumsi makanan yang beranekaragam termasuk sumber makanan berserat cukup bisa mencegah atau memperkecil terjadinya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung. Makanan berserat cukup (± 25 gram per hari) seperti padi-padian, kacang-kacangan, sayur mayur dan buah-buahan.

2. Konsumsi Makanan sesuai Kebutuhan Tubuh

Pedoman umum gizi seimbang yang kedua yaitu makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi. Konsumsi energi yang berlebih akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Energi yang berlebih tersebut disimpan dalam bentuk lemak dan jaringan tubuh lain. Jika keadaan ini berlanjut maka akan menyebabkan obesitas disertai berbagi gangguan kesehatan. Seperti penyakit hipertensi (darah tinggi), penyakit diabetes melitus (kencing manis), penyakit jantung, dll. Kecukupan masukan energi untuk seseorang  ditandai dengan berat badan yang ideal atau normal.

Pasukan Synergy

Berat badan adalah petunjuk yang baik untuk mengetahui keadaan gizi dan kesehatan. Karena itu lakukanlah penimbangan berat badan secara teratur. Makanlah makanan dengan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. Sumber karbohidrat komplek adalah

  • padi-padian,
  • ubi,
  • jagung,
  • singkong,
  • sagu,
  • dll.

Batasi sumber karbohidrat sederhana seperti gula hingga dengan 3 – 4 sdm/hari. Karena konsumsi gula yang berlebih akan mengakibatkan konsumsi energi jadi berlebih. Konsumsi energi yang berlebih akan disimpan dalam jaringan tubuh sebagai lemak. Akumulasi lemak dalam waktu lama mengakibatkan obesitas.

3. Batasi Konsumsi Lemak dan Minyak

Pedoman umum gizi seimbang yang ketiga adalah batasi konsumsi minyak dan lemak. Kita harus membatasi konsumsi lemak dan minyak hingga seperempat dari kecukupan energi. Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang kita makan berguna buat :

  • membantu dalam penyerapan vitamin-vitamin A, D, E, dan K;
  • meningkatkan jumlah energi;
  • menambah lezatnya hidangan makanan.

Lemak dibagi menjadi 3 golongan berdasarkan kemudahan dalam proses pencernaannya yaitu lemak :

  • yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang paling gampang untuk dicerna,
  • yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang gampang untuk dicerna, dan
  • yang mengandung asam lemak jenuh yang susah untuk dicerna.

Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal biasanya berasal dari makanan nabati, kecuali minyak kelapa. Makanan sumber asam lemak jenuh biasanya berasal dari hewan (sumber hewani). Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner.

Tapi membiasakan untuk makan ikan bisa mengurangi resiko menderita penyakit jantung koroner. Karena lemak ikan mengandung asam lemak omega 3. Di mana asam lemak omega 3 berperan mencegah timbulnya penyumbatan lemak pada dinding pembuluh darah.

4. Konsumsi makanan rendah garam dan tinggi kalium

Pedoman umum gizi seimbang yang keempat adalah konsumsi makanan rendah garam. Disarankan untuk mengkonsumsi garam tak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari. Konsumsi natrium yang berlebih merupakan pemicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi yang merupakan risiko untuk penyakit jantung. Natrium ini khususnya yang berasal dari garam dan sumber lain seperti produk susu dan bahan makanan yang diawetkan dengan garam.

Berbeda halnya dengan natrium, kalium atau potassium adalah ion utama yanga ada di dalam cairan intraseluler. Cara kerja kalium adalah kebalikan dari natrium. Konsumsi kalium yang banyak bisa meningkatkan konsentrasinya di dalam cairan intraseluler. Sehingga hal ini cenderung akan menarikan cairan dari bagian ekstraseluler dan menurunkan tekanan darah.

Dengan demikian, konsumsi natrium harus diimbangi dengan konsumsi kalium. Rasio konsumsi antara natrium dan kalium yang disarankan adalah 1 : 1. Sumber kalium yang baik yaitu buah-buahan, seperti pisang, jeruk, dan lain-lain. Secara alami, banyak bahan pangan yang punya kandungan kalium dengan rasio lebih tinggi  bila dibandingkan dengan natrium.

Rasio 1 : 1 dalam pedoman umum gizi seimbang tersebut lalu jadi terbalik. Hal ini karena diakibatkan dari proses pengolahan yang banyak menambahkan garam di dalamnya. Hal ini mengakibatkan tingginya kadar natrium di dalam bahan, sehingga cenderung menaikkan tekanan darah.

Pasukan Synergy
5. Hindari Minum minuman beralkohol

Pedoman umum gizi seimbang yang kelima adalah jauhi minuman keras. Minuman beralkohol cuma mengandung energi, namun tak mengandung zat gizi lainnya. Kebiasaan min um minuman beralkohol dapat menghambat proses penyerapan zat gizi dan menghilangkan zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi yang penting bagi tubuh sehingga menyebabkan peminum alkohol dapat menderita kurang gizi. Di samping itu juga  bisa menyebabkan penyakit gangguan hati, kerusakan saraf otak dan jaringan di dalam tubuh.

Sehat Jasmani dan Financial

Daftar Segera

Sekian informasi tentang pedoman umum gizi seimbang untuk tubuh sehat, kami harap postingan ini mencerahkan teman-teman semua. Tolong postingan panduan sehat ini dishare agar semakin banyak yang mendapat manfaat. Selamat menjalankan pola makan bergizi seimbang dan juga selamat menikmati hidup sehat.

Referensi: Pebisnis Kesehatan yang Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.