Penyebab dan Gejala Hipertensi yang Perlu Diketahui

Komunitas SB1M

Di postingan ini kami akan bahas berkaitan dengan penyebab dan gejala hipertensi yang perlu diketahui. Hipertensi atau penyakit darah tinggi sebenarnya adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang ada dalam tubuh. Gangguan ini mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkan.

penyebab dan gejala hipertensi

Penyebab dan Gejala Hipertensi

Hipertensi sering kali disebut sebagai pembunuh gelap (Silent Killer), karena termasuk penyakit yang mematikan tanpa disertai dengan gejala-gejalanya lebih dahulu sebagai peringatan bagi korbannya. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Penyebab Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Berdasarkan etiologi ada dua penyebab hipertensi yaitu:

1. Hipertensi primer

Hipertensi primer (esensial) adalah jenis hipertensi yang paling umum, meliputi sebanyak 90–95% dari seluruh kasus hipertensi. Hipertensi primer tidak atau belum diketahui penyebabnya. Hipertensi primer kemungkinan memiliki banyak penyebab; beberapa perubahan pada jantung dan pembuluh darah.

Dalam hampir semua masyarakat kontemporer, tekanan darah meningkat seiring dan risiko untuk menjadi hipertensi di kemudian hari cukup tinggi. Hipertensi diakibatkan oleh interaksi gen yang kompleks dan faktor lingkungan. Berbagai gen yang sering ditemukan sedikit berpengaruh pada tekanan darah, sudah diidentifikasi.

Demikian juga beberapa gen yang jarang yang berpengaruh besar pada tekanan darah. Tetapi dasar genetik dari hipertensi masih belum sepenuhnya dimengerti. Beberapa faktor lingkungan mempengaruhi tekanan darah.

Pasukan Synergy

Faktor gaya hidup yang menurunkan tekanan darah di antaranya mengurangi asupan dalam makanan, meningkatkan konsumsi buah- buahan dan produk rendah lemak (Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi (diet DASH). Olah Raga, dan menurunkan asupan juga membantu menurunkan tekanan darah.

2. Hipertensi sekunder

Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan sebagai akibat dari adanya penyakit lain. Sekitar 5 – 10% penderita hipertensi, penyebabnya adalah penyakit ginjal. Sekitar 1 – 2%, penyebabnya adalah kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu misalnya pil KB.

Hipertensi juga bisa disebabkan oleh kondisi endokrin, seperti sindrom Cushing, hipertiroidisme, hipotiroidisme, akromegali, sindrom atau hiperaldosteronisme, hiperparatiroidisme, dan feokromositoma.

Gejala Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Pada sebagian besar penderita hipertensi tidak menimbulkan gejala, dimana tekanan darah yang tinggi didalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung dan gagal ginjal.

Walaupun penyakit ini dianggap tidak memiliki gejala awal, sebenarnya ada beberapa gejala yang tidak terlalu tampak sehingga sering tidak dihiraukan oleh penderita. Gejala-gejala tersebut mulai dirasakan oleh para penderita hipertensi dengan tekanan darah lebih besar dari 140/90 mmHg.

Gejala-gejala yang dirasakan penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi antara lain sebagai berikut:

  • Pusing
  • Mudah marah
  • Telinga berdengung
  • Sukar tidur
  • Sesak nafas
  • Rasa berat di tengkuk
  • Mudah lelah
  • Mata berkunang-kunang
  • Muka pucat
  • Suhu tubuh rendah
  • Kadang penderita hipertensi berat mengalami penurunan kesadaran

Demikian informasi tentang penyebab dan gejala hipertensi yang perlu diketahui, kami harap postingan kali ini bermanfaat buat kalian. Mohon postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Pasukan Synergy

Referensi: Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.