Penyebab Kanker pada Anak secara Umum

Komunitas SB1M

Sekarang kami akan bahas mengenai penyebab kanker pada anak secara umum. Banyak hal, kanker anak berbeda dengan kanker orang dewasa. Kanker anak hanya sekitar 2% dari seluruh penyakit kanker pada manusia. Tetapi memberikan dampak tersendiri dan merupakan penyebab kematian yang bermakna pada anak.

Pasukan Synergy
penyebab kanker pada anak

Pada dasarnya, kanker pada anak tidak mudah diketahui secara dini, karena pada tahap awal, jarang memberikan keluhan pada penderita, maupun gejala yang mudah dilihat. Sampai saat ini penyebab kanker pada anak masih belum jelas benar. Tapi diyakini bahwa kanker adalah hasil dari interaksi dari berbagai faktor (multifaktorial).

Salah satu yang diduga menjadi penyebab yaitu adanya penyimpangan pertumbuhan sel akibat cacat gen. Anak belum mendapatkan paparan yang cukup lama, sehingga faktor genetik sangat berperan. Akibat cacat pada sel, pertumbuhan sel akan menjadi menyimpang dan tidak mau lagi dikendalikan.

Pengaruh lingkungan yang berinteraksi (faktor ekogenetik) dan berbagai cacat atau kelainan bawaan ditengarai ikut meningkatkan resiko kanker anak. Kemungkinan lain yaitu faktor prakonsepsi. Ini dapat terjadi pada ibu-ibu yang mempunyai resiko tinggi, misalnya bekerja pada area sinyal radiasi.

Penyebab Kanker pada Anak secara umum

Gejala kanker pada anak maupun bayi yang menjadi lebih susah untuk diketahui, karena anak-anak tidak bisa merasakan atau menceritakan keluhannya. Oleh sebab itu, peranan orang-orang di sekitarnya, khususnya orang tua, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala kanker pada anak, sehingga bisa segera dikonsultasikan pada dokter.

Melihat anak yang mengidap kanker tentu menyayat hati. Di saat anak-anak lain sedang menikmati masa kanak-kanak dengan bermain dan belajar, mereka justru harus rajin terapi dan minum obat agar pertumbuhan sel tidak menyebar ke organ tubuh lain. Kita bisa mencegah kanker dengan mencegah pola makan dan gaya hidup yang sehat. Kenali penyebab kanker pada anak berikut ini:

1. Genetik

Apabila anda pernah mempunyai riwayat kanker, maka resiko kanker yang diturunkan pada anak cukup besar dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat kanker sebelumnya.

2. Radiasi

Radiasi yang memainkan peran penting dalam menumbuhkan sel kanker. Ibu hamil yang sering terkena radiasi dan berisiko tinggi janinnya mengidap kanker. Selain itu anak yang mendapatkan terapi radiasi untuk pengobatan penyakit tertentu meningkatkan resiko tumbuhnya tumor.

Pasukan Synergy

3. Paparan Bahan Kimia

Banyak jenis bahan kimia yang dikenal bersifat karsinogen. Paparan kimia sejak mengandung dapat menyebabkan kanker pada anak.

4. Lingkungan Dan Makanan

Asap rokok, polusi, lingkungan yang tidak bersih dapat mendorong terjadinya kanker. Kemudian mengonsumsi makanan dengan pengawet, pewarna dan pemanis buatan dapat menjadi faktor resiko penyebab kanker.

Sekian info perihal penyebab kanker pada anak secara umum, kami harap post kali ini berguna buat Anda. Mohon postingan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Kanker Anak

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.