Penyebab Kanker pada Anak secara Umum

Sekarang kami akan bahas mengenai penyebab kanker pada anak secara umum. Banyak hal, kanker anak berbeda dengan kanker orang dewasa. Kanker anak hanya sekitar 2% dari seluruh penyakit kanker pada manusia. Tetapi memberikan dampak tersendiri dan merupakan penyebab kematian yang bermakna pada anak.

Penyebab Kanker pada Anak

Penyebab Kanker pada Anak secara umum

Pada dasarnya, kanker pada anak tidak mudah diketahui secara dini, karena pada tahap awal, jarang memberikan keluhan pada penderita, maupun gejala yang mudah dilihat. Sampai saat ini penyebab kanker pada anak masih belum jelas benar. Tapi diyakini bahwa kanker adalah hasil dari interaksi dari berbagai faktor (multifaktorial).

Salah satu yang diduga menjadi penyebab yaitu adanya penyimpangan pertumbuhan sel akibat cacat gen. Anak belum mendapatkan paparan yang cukup lama, sehingga faktor genetik sangat berperan. Akibat cacat pada sel, pertumbuhan sel akan menjadi menyimpang dan tidak mau lagi dikendalikan.

Pengaruh lingkungan yang berinteraksi (faktor ekogenetik) dan berbagai cacat atau kelainan bawaan ditengarai ikut meningkatkan resiko kanker anak. Kemungkinan lain yaitu faktor prakonsepsi. Ini dapat terjadi pada ibu-ibu yang mempunyai resiko tinggi, misalnya bekerja pada area sinyal radiasi.

Gejala kanker pada anak maupun bayi yang menjadi lebih susah untuk diketahui, karena anak-anak tidak bisa merasakan atau menceritakan keluhannya. Oleh sebab itu, peranan orang-orang di sekitarnya, khususnya orang tua, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala kanker pada anak, sehingga bisa segera dikonsultasikan pada dokter.

Melihat anak yang mengidap kanker tentu menyayat hati. Di saat anak-anak lain sedang menikmati masa kanak-kanak dengan bermain dan belajar, mereka justru harus rajin terapi dan minum obat agar pertumbuhan sel tidak menyebar ke organ tubuh lain. Kita bisa mencegah kanker dengan mencegah pola makan dan gaya hidup yang sehat. Kenali penyebab kanker pada anak berikut ini:

1. Genetik

Apabila anda pernah mempunyai riwayat kanker, maka resiko kanker yang diturunkan pada anak cukup besar dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat kanker sebelumnya.

2. Radiasi

Radiasi yang memainkan peran penting dalam menumbuhkan sel kanker. Ibu hamil yang sering terkena radiasi dan berisiko tinggi janinnya mengidap kanker. Selain itu anak yang mendapatkan terapi radiasi untuk pengobatan penyakit tertentu meningkatkan resiko tumbuhnya tumor.

3. Paparan Bahan Kimia

Banyak jenis bahan kimia yang dikenal bersifat karsinogen. Paparan kimia sejak mengandung dapat menyebabkan kanker pada anak.

4. Lingkungan Dan Makanan

Asap rokok, polusi, lingkungan yang tidak bersih dapat mendorong terjadinya kanker. Kemudian mengonsumsi makanan dengan pengawet, pewarna dan pemanis buatan dapat menjadi faktor resiko penyebab kanker.

Sekian info perihal penyebab kanker pada anak secara umum, kami harap post kali ini berguna buat Anda. Mohon postingan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Bisnis dan Investasi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Natural

Kopi Madu Teh

Ramuan Herbal

Resep Herbal Sekilas Ramuan Herbal Terapi Herbal

Suplemen

MSI Suplemen Lain Synergy WorldWide

Tanaman Herbal

Buah Herbal Sayur Herbal Tumbuhan Lain
Penyakit Kronis Penyakit Menular Penyakit Tak Menular
Program Diet Rendah Purin
Program Diet Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
Gejala Anemia yang Sering Terjadi
Gejala Anemia yang Sering Terjadi pada Kita
Faktor Penyebab Sakit Maag
Faktor Penyebab Sakit Maag atau Gastritis
Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Tubuh Sehat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Cepat dan Tepat
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bahaya dari Merokok yang Jarang Orang Tahu
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Bijak dalam Menyikapi Pembalut Berklorin
Alternatif Cantik Solusi Lainnya Tips Sehat
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
Aplikasi Cantik Bronzer agar Lebih Natural
No Preview
These Foods to Absolutely Avoid If You Want Clear, Glowing Skin
Ducati ‘has all the cards’ to win 2017 MotoGP title, says CEO

Hipnosis

Terapi Alternatif

Terapi Lain

NLP

Terapi Psikologi